Italian (IT)English (UK)DeutschFrancàisNederlands

3 Sesuatu Bermanfaat Dalam Pesta Batak

3 Sesuatu Bermanfaat Dalam Pesta Batak
Perjodohan adalah kegiatan yang kudus dan kudu layak, pesta batak , pantas, patut, perlu, wajar, wajib, dipersiapkan dengan matang. Lagi pula kalau pernikahannya menggunakan acara adat. Kaca nyatanya adalah pada pesta Batak yang mana jika mempelai pria adalah orang Rebut, maka banyak yang kudu layak, mesti, pantas, patut, perlu, wajar, wajib, diperhatikan oleh mempelai pria tersebut. Lelaki Batak luar biasa harus persisten secara finansial karena terselip berbagai hal yang harus diperhatikan saat menyelenggarakan pesta akad nikah dengan menggunakan adat Batak.

 

Pada akad nikah adat Rebut, mempelai lelaki harus sanggup menyediakan Sinamot atau uang mahar. Sinamot tersebut pantas diberikan oleh pihak mempelai pria di pihak mempelai wanita. Adapun proses dari kesepakatan dan serah terima ini disebut secara Marhata Sinamot. Acara ini diselenggarakan sebelum ada prosedur pertunangan ataupun Martumpol. Dan lalu Martumpol sendiri diadakan dua minggu pra acara superior prosesi ijab kabul.

 

Selain sengketa sinamot yang harus disediakan oleh lanang Batak, terdapat juga hati busuk kecil yang harus diperhatikan, yaitu Ulos. Kain ulos ini biasanya digunakan saat acara primer, seperti interior pesta Renggut ini. Tiras tersebut pun menjadi penanda status sosial. Jadi sebisa mungkin tilam ulos yang diberikan pantas berkualitas semampai. Semakin nadir maka semakin tinggi tanda sosial yang dimiliki.

 

Final adalah menyenggol pesta pernikahannya sendiri. Upah dari perjamuan pernikahan tentu saja ditanggung sambil pihak lanang. Apalagi biaya pernikahan itu diluar dari uang Sinamot. Apalagi pada pesta perjodohan harus menjadikan kerabat yang tentu saja orang2 Batak mempunyai begitu tidak sedikit kerabat. Tetapi pesta akad nikah oleh orang Batak dianggap sebagai representasi kemapanan. Bahkan biaya acara pernikahan bisa jadi lebih besar jika ada ritual terusan di dalamnya. Terutama kalau pesta itu diadakan di dalam gedung, meski diselenggarakan pada rumah.

 

Nah, karena demi banyak yang harus dipersiapkan dalam perayaan pernikahan kultur Batak itu, mungkin akan kerepotan bahwa mengaturnya otonom. Karena ini, sekarang terselip yang bisa membantu Dikau dalam mewujudkan segala keperluan pernikahan Dikau, khususnya untuk adat Renggut. Mulai dari pejabat, catering, hiasan, dan sebagainya. Mangga cari perjamuan Batak yang membantu menempatkan segalanya.
Go to top